Selasa, 13 November 2012

Sistem Informasi



Pengertian Sistem, Sub Sistem, dan Supra sistem 
  1. Sistem adalah kumpulan dari unsur-unsur atau elemen-elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  2. Sub Sistem adalah sistem yang lebih kecil dari sistem. Sub sistem adalah bagian dari sebuah sistem.
  3. Supra Sistem adalah sistem yang lebih besar dari pada sistem. Supra sistem berada satu tingkat di atas sistem. Sistem merupakan bagian dari Super sistem, dan di dalam sistem tersebut terdapat yang dinamakan sub sistem.

 
Hubungan antara Sistem, Sub Sistem dan Supra Sistem


Didalam supra sistem terdapat sistem, dan di dalam sistem itu sendiri terdapat sub sistem.
Contoh: Jika sekolah dikatakan sebuah sistem, maka sub sistemnya adalah siswa, dan supra sistemnya adalah pendidikan.



Model umum sistem
 
Terdapat 5 komponen dalam sebuah sistem, yaitu input, proses, output, tujuan, dan umpan balik. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam sebuah sistem adalah input(masukan), kemudian inputan tersebut akan di proses sehingga menghasilkan keluaran atau disebut output, yang kemudian output tersebut akan mencapai sebuah tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam proses dari input menuju ke output, terdapat 2 komponen yang mempengaruhi proses, yaitu kendala dan kontrol. Untuk mencapai tujuan dari sistem tersebut, kendala harus dikurangi sedangkan kontrol harus ditingkatkan.

Pengertian Sistem Informasi
·         Sistem Informasi adalah suatu cara tertentu yang digunakan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar